Jumat, 30 Januari 2015

Fika; Sebuah Nama, Seribu Cerita


Namanya Fika...
…kedelai hitam yang saya besarkan sendiri, dengan sepenuh hati.

Eh, eh, eh, nggak gitu ding.
Itu mah Alika, kedelai hitamnya kecap Bango.

Kalo yang ini (mau gue ceritain) mah namanya Fika.
Seorang gadis (yang menurut gue) Cantik, yang pernah mengisi hari-hari gue, dan sekarang malah jadi kerak di hati gue sendiri.
Kenapa gue bilangnya itu kerak?
Karena gue anggep dia udah nggak (terlalu) penting buat gue, tapi masih susah buat sepenuhnya diilangin.
Hahaha terdengar bego, kan?
 Emang iya! Karena (masih menurut gue) “Cinta itu tak hanya membutakan. Ia juga membodohkan”.
Tapi nggak apa-apa sih kalo gue dianggep bego. Karena (lagi-lagi menurut gue) cowok/cewek yang bisa dengan sebegitu mudahnya buat ngelupain mantannya, kalo nggak Brengsek, ya Bajingan.
Atau yang paling parah, ya mantannya yang emang Brengsek atau Bajingan.
Jadi ya emang layak, dan wajar aja kalo gampang dilupain.
Tapi intinya, gue ’agak’ susah ngelupain mantan gue ya karena gue emang nggak se-Brengsek itu. Apalagi sampe level Bajingan. Hiiiihhh surem!!! Eh, serem!!!
Dan berarti ya (mungkin) mantan gue juga nggak se-Brengsek itu juga dong tentunya…
Tapi kalian nggak jadi harus dilama-lamain juga move on-nya biar nggak dibilang cowok/cewek brengsek, ya! Pokoknya  jangan!
Intinya gini: “patah hati-lah sewajarnya, meratapi sakit-lah secukupnya, kemudian move on-lah semampunya”.
Tapi kalo emang belum mampu move on, ya nggak usah dipaksain juga, kali!
Sabar! Tunggu beberapa tahun lagi!
Siapa tau bakalan ada program pemerintah semacam KIMO (Kartu Indonesia Move On) gitu.  Hehehe.

Oh iya, kita kan tadi lagi ngomongin si Fika, yah?  Lanjutin lagi, yuk? (dalam hati kalian: “ayuk!”)
Emmmm…. Mulai dari mana yah? (kemudian ada yang nyeletuk: “mulai dari Nol ya, Mas!”)
Halahhh!!! Apa banget sih ini???!!!

Jadi gini, Fika tuh….
Emmmm, anu, emmmm…. Iya, gitu! Pokoknya asik deh!
Kalian bayangin sendiri-sendiri aja lah!
Yang penting jangan bayangin yang enggak-enggak!

Astaghfirullahaladzim, tuh kan. Hampir aja gue bikin dosa gara-gara ngomongin si Fika. Karena, itu Ghibah namanya.
Dan kalian tau hukumnya Ghibah?
Yak, betul…  HARAM!!! Kalian seperti memakan bangkai Mantan kalian sendiri.
Kalian mau? Kalian doyan?
Hiiiiiii…. Gue mah ogah!

Jadi udah ya, jangan ngomongin si Fika lagi?!
 Bukan Cuma karena dosa, tapi ntar gue malah tambah susah buat move on-nya. Hehehe

Intinya, gue sama Fika sekarang udah pisah secara baik-baik.
Yaa,  walaupun gue pernah baca tulisan di mana, dan entah tulisannya siapa, yang isinya “Tidak ada yang namanya pisah baik-baik. Karena yang baik, akan memperbaiki. Bukan menyudahi”.
Gue tetep kekeuh mau bilang kalo gue sama dia emang pisahnya ya baik-baik.
Karena gue sama dia sependapat, kalo emang  nggak ada yang salah, dan perlu diperbaiki di hubungan kami.
Pun masing-masing dari kami, nggak ada yang merasa disakitin, apalagi sampe ngerasa dirugiin dari perpisahan ini.
…dan satu lagi,  sekalian buat matahin teori yang diatas  juga ding!

Gue sama dia udah ngerasa nggak cocok, dan nggak saling nyaman satu sama lain.
Bisa karena kami sama-sama bosan, atau mungkin karena udah sama-sama menemukan kenyamanannya masing-masing pada sosok lain? (who knows?)
Kalo udah gini, buat apa apa dilanjutin?

Kadang, kebahagiaan tak selalu berwujud kebersamaan.
Tak sedikit dari mereka yang mendapatkan kebahagiaan dari sebuah perpisahan.
Prinsip gue: “kalo lu yakin dia jodoh lu, yaudah lepasin! Relain! Kalo nyatanya dia emang beneran  jodoh lu, ya pasti bakalan dibalikin”
Simple, kan?

Yang pasti, sekarang gue cuma bisa berharap dan berdoa yang terbaik buat gue sama dia.
Urusan gimana entarnya, ya biar Tuhan aja yang ngatur
.
Dan seandainya dia baca tulisan ini, gue juga mau bilang makasih banget buat semuanya.
Buat semua kebahagian, sepaket sama kesedihan yang pernah kita rasain bareng-bareng.

Kalaupun sekarang dia udah jadi kerak di hati gue, gue ikhlasin deh hati gue tetep berkerak.
Dan kalo ternyata kerak itu bikin kotor dan mengganggu, ya itu biar jadi urusannya si penghuni baru di hati gue nantinya.
Biar dia yang nantinya ngebersihin sisanya… 




Ale Syarifudin
Tegal, 30 Januari 2015
08:53 pm

2 komentar: